Doa Meminta Keteguhan Hati

Apa kabar iman dan hati hari ini? Semoga tetap konsisten dengan apa yang menjadi niat kita hari kemarin.

Hati.. Siapa yang bisa menebak baik atau tidaknya, hanya Allah dan kita yang tahu keadaannya. Entah ia sedang baik-baik saja ataupun sedang sekarat. Entah ia dalam keadaan terbaik maupun ia tercebur jauh dalam lembah kehinaan. Semuanya, hanya kita dan Rabb kita yang mengetahuinya.

Maka barang siapa yang ditetapkan hatinya dalam kebaikan maka ia adalah orang yang paling beruntung. "Ya Rabb kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).” (QS. Ali Imron: 8)
 
Ditanyakan kepada Ummu Salamah;
“Wahai Ummul mukminin! Do’a apakah yang paling banyak Rasulullah shalallahu’alahi wa sallam baca ketika bersamamu?”
ia menjawab;
“Do’a beliau yang paling banyak adalah:

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ
"Wahai yang membolak-balikkan hati! Teguhkanlah hatiku senantiasa di atas agamamu.”
 Ia berkata; “Lalu aku bertanya kepada beliau, Wahai Rasulullah! Kenapa do’a yang paling banyak engkau baca, "
Ya Muqallibal Quluub Tsabbit Qalbii ‘ala Diinika.

beliau menjawab;

“Wahai Ummu Salamah! Tidaklah anak keturunan Adam kecuali hatinya berada di antara dua jari dari-jari Allah Azzawajalla. Bila Ia berkehendak akan meluruskannya dan bila Ia berkehendak maka akan menyesatkannya.”

Masya Allah, Manusia yang paling mulia di sisi Allah saja senantiasa memohon kepada Allah untuk senantiasa diteguhkan hatinya,  lalu bagaimana dengan kita yang selalu dalam kekhilafan.?

Dalam riwayat hadits, Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam berdoa:

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ
 “Wahai Robb yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.”

(HR.Tirmidzi)
Dalam riwayat lain Rasulullah bersabda:

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ
Ya Allah yang memalingkan (membolak-balikkan) hati manusia, palingkanlah hati kami di atas ketaatan kepada-Mu
(HR. Muslim)

Semoga Allah senantiasa meneguhkan kita di atas ajaran agama yang hanif ini. Ya muqallibul  qulub, tsabbit qalbi 'ala dinik wa thaa'athik". Wahai yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu dan ketaatan kepada-Mu.

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Rabb kami ialah Allah” kemudian mereka istiqomah pada pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu”.” (QS. Fushilat: 30)

Luruskan hati, sucikan niat. Jadikan semua karena-Nya bukan karenanya""__0. Rabb.. Jadikan setiap pilihan hatiku yang terbaik, dan teguhkanlah hatiku dalam kebaikan.



Subscribe to receive free email updates: