Dalil Shalat


Rasulullah SAW bersabda : Menurut kalian seandainya ada sungai di depan pintu rumah salah seorang dari kalian di mana dia mandi di dalamnya setiap hari lima kali, apakah masih ada kotorannya yang tersisa sedikit pun?” Mereka menjawab,”Tidak ada kotoran yang tersisa sedikit pun.” Rasulullah saw bersabda, “Begitulah perumpamaan shalat lima waktu, dengannya Allah menghapus kesalahan-kesalahan.” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

Apakah sholat itu mudah ataukah susah, tergantung siapa yang menilai. Bagi mereka yang sudah terbiasa mengerjakan sholat, apabila dia mengatakan bahwa sholat itu mudah, maka apa yang dikatakan itu bisa disimpulkan sebagai perkataan yang benar. Tetapi bagi mereka yang belum pernah mengerjakan sholat, kemudian dia mengatakan bahwa sholat itu sangat mudah, maka perkataannya itu dapat disimpulkan sebagai perkataan yang sangat salah dan menyesatkan, setidaknya bagi dirinya sendiri. Apalagi, dengan anggapan seperti itu kemudian diapun menunda-nunda untuk mengerjakan sholat, dengan harapan dia akan mampu mengerjakan sholat kelak dimasa tuanya.

Sekaranglah saat yang paling tepat bagimu untuk berlatih mengerjakan sholat. Jangan engkau tunda-tunda lagi, itulah sebenarnya salah satu makna dari nasihat Nabi Muhammad SAW (nabinya umat Islam) yang berbunyi : 

“Jagalah sehatmu sebelum datang sakitmu dan jagalah sempatmu sebelum datang sempitmu”. Dan juga harus engkau ingat baik-baik bahwa sholat adalah merupakan tanda kebaikan budi pekerti seseorang. Bila sholatnya jelek, niscaya jelek juga budi pekertinya dan apabila sholatnya baik, maka baik pula budi pekertinya..

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Dalil Shalat"

gigisehatbadansehat said...

inspiratif..walaupun sulit,saya masih berusaha agar solat bisa selalu tepat waktu dan dikerjakan di mesjid..

Obat Tradisional Penyakit Asam Urat said...

subhanalloh..