Sepenggal Cerita di Ma’rang…

Apa kabar saudara seperjuanganku sekalian???semoga kalian tetap dalam lindunganNYA,sama seperti lindungan yang di telah berikan Allah kepada kita semua selama berjuang demi SKS di Kabupaten Bolu dan Udang Pangkep,,khususnya Ma’rang…





Tgl 1 november 2010….

Masih ingat kalian dengan tanggal itu kawan??

Tanggal dmana untuk pertama kali kita datang,,kita bertemu membawa koper pakaian di tangan,SKS di kepala dan tak lupa pula membawa perbedaan untuk di satukan…

Semuanya kita kumpulkan kemudian kita tumpuk menjadi 1 seiring dengan ucapan “Selamat Datang di Ma’rang “yang di ucapkan oleh bapak Hasanuddin selaku camat
Ma’rang….



Ya….kita semua memang berasal dari fakultas yang berbeda yang kemudian terpaksa menanggalkan perbedaan atribut Fakultas kita masing-masing dan kemudian dengan bangga dan atas nama kebersamaan menggunakan 1 atribut yaitu Almamater KKN UMI.

Ya…Pasukan Ma’rang terdiri dari…



1.Fakultas Perikanan yang kemudian harus bekerja keras disana berhubung daerah yang kita tempati sangat berhubungan erat dengan bidang studi mereka,kalau tidak percaya Tanya saja kak yandi yang terpaksa beralih profesi menjadi pekerja bangunan ketika waktu pengerjaan Tapal Batas kecamatan memasuki masa injury time dan seolah mau membuktikan kekompakan anak2 Perikanan Yusril pun ikut bekerja keras membuat batas kelurahannya ,entah itu dukungan kebersamaan dan solidaritas fakultas,atau dorongan ke profesionalan seorang kordes atau mungkin juga dorongan spirit dari pak lurahnya.….saya juga tidak tau pasti yang saya tau yusril selalu tersipu malu ketika sengaja atau tidak ketemu sama anak pitusungguh….hahahaha.



2.Fakultas Kedokteran yang  ketika itu pusing dengan masalah KTI nya tiba-tiba harus berpikir keras ketika wacana tentang sunatan masal mulai menghangat.Sehingga dengan alih-alih meminimalisir biaya munculah teriakan2 gaib entah dari mana berupa usulan tentang cara penyunatannya mulai dari pake parang,pake cutter sampe di jepit di pintu...Namun  akhirnya dengan sangat kecewa merekalah yang paling tidak setuju ketika proker tersebut ditiadakan atau di batalkan pada saat rapat kecamatan di alesipitto…betulkah????hahhaha.



3.Fakultas Agama Islam yang waktu itu mengutus beberapa orang dengan karakter yang berbeda ada yang full islami ada juga yang multi talent,,bisa jadi ustadz bisa juga jadi rocker,kalau tidak percaya liat saja iksan...tapi disinilah saya bisa melihat realita bahwa  “ustadz juga manusia,,punya marah punya benci…jangan samakan dengan pisau belati…”lagu yang sempat saya saya nyanyikan di punranga….hahahhaha…Amri  tolong tenangkan sahabatmu sodara….hhahah..



4.Fakultas Farmasi yang dengan segala keterpaksaan yang harus  beralih profesi  jadi penggembala sapi dan pencuci mobil semuanya demi SKS..tapi disinilah titik awal solidaritas kita di uji kawan,,bagaimana ketika institusi kita di injak-injak oleh seorang yang menyalah gunakan kekuasaannya,,hingga bagaimana sesungguhnya arti kebersamaan itu telah kita tunjukkan di malam-malam menjelang penarikan di Kelurahan Punranga,,,sabar kawan minimal telah kita buktikan bahwa kebersamaanlah yang membuat kita kuat,,bahwa kebersamaan tak pernah kalah dengan sistem birokrasi apalagi dengan ukurannya yang terkecil….kami salut padamu kawan…..Kordes Arifat…Hidup Mahasiswa…



5.Fakultas Ilmu Komputer. Selain Farmasi Fakultas inilah yang berhasil mengalahkan Fakultas Ekonomi….Kalah yang saya maksudkan disini adalah dalam hal meng’irit’kan sesuatu,dalam hal ini adalah tentang utusannya yang masing2 hanya mengutus 1 orang wakil saja pada KKN ini,mudah2an mahasiswa di fakultasnya tidak hanya mereka berdua saja…hahha.

Kita lihat bagaimana Edy sang Kordes Pitusungguh,,yang dengan jiwa revolusionernya yang sempat terbaca berusaha menyelesaikan program kerja desanya sehingga Posko Pitusungguh dapat menyelesaikan program kerjanya 100%.. salut padamu saudara….



6.Fakultas Ekonomi..selain Fakultas Kedokteran yang punya tugas dengan KTI nya,Fakultas Ekonomi pun punya kesibukan yang sama,,kita lihat saja bagaimana Kordes Darwis yang sibuk dengan  KTI nya yang berjudul “ Pengaruh Kestabilan Air Empang Terhadap Motor Viar Yang Berusia Lebih Dari 2 Minggu”….hahhaha..

KTI inilah yang telah membuktikan bahwa ternyata Motor Viar tidak bisa berenang..

Darwis pun kecewa sehingga dengan terpaksa diapun mengganti judul KTI nya menjadi “Pengaruh Ketampanan Mahasiswa KKN terhadap Bunga Desa” dan alhamdulilah melalui penelitian dengan sungguh-sungguh yang disertai dengan praktek yang nyata dia berhasil memperoleh nilai A.hahahah.



Akhirnya…….



10 Desember 2010 pun tiba …

Waktu pun terus berputar tak terasa dengan segala bentuk perbedaan yang kita tawarkan pada awalnya akhirnya menjadikan kita 1 pada akhirnya..

Tak terasa waktu kembali mengantarkan kita di titik ini,titik dimana 40 hari yang lalu kita dengan “terpaksa” kita namakan “Pertemuan” yang kemudian kini dengan “terpaksa” pula kita namakan “Perpisahan”..



Apa-apa yang pernah kita lewati selama 40 hari yang lalu terasa membekas di hati,rasanya baru kemarin kita bersama-sama di sambut dengan “Ucapan Selamat Datang “namun hari dengan rasa haru kita mengucapkan “Selamat Jalan”..

Suka duka,canda tawa,susah senang yang kita hadirkan bersama sekarang terpaksa kita biarkan menguap bersama waktu,semua harus kita tinggalkan disana atas nama “Kenangan”..semuanya demi 1 hal yaitu cita-cita.

Yah cita- citalah yang mempertemukan kita dulu.. dan cita-citalah yang harus memisahkan kita sekarang kawan dan insya Allah Cita- citalah yang akan mempertemukkan kita nantinya entah 1,3,6 tahun mendatang…..Aminnnn…



Bahwa kesemuanya merupakan proses yang harus kita lewati insya allah kesedihan hari ini bisa tergantikan dengan kebahagiaan nantinya seiring dengan Gelar dan Sarjana yang akan di sematkan pada nama kita nantinya.Perjuangan kita tak hanya sampai di Ma’rang  saja kawan namun akan terus berlanjut.Semuanya Untuk kita,untuk orang tua kita,untuk orang-orang terdekat kita yang pastinya untuk kita sendiri agar kita bisa menjadi lebih baik kedepannya..Aminnnn



Melalui kesempatan ini pulalah saya ingin mengucapkan banyak terima kasih pada kalian semua,,terima kasih telah mengizinkan saya menjadi bagian dari kalian selama 40 hari lalu…Terima Kasih telah menerima saya menjadi bagian kecil dari cerita hidup kalian kelak..Terima Kasih atas semua pemberian “Gratis” yang pernah saya nikmati disana..Untuk itu semua saya sangat bersyukur,kelak saya berharap bisa membalasnya..



Tak lupa pula sebagai manusia biasa yang terkadang tak tahu diri hingga menyebabkan kekhilafan saya ingin meminta maaf sebesar-besarnya apabila ada kesalahan yang secara sengaja atau tidak sengaja pernah saya ucapkan dan lakukan disana..SAYA MINTA MAAF…



Melalui kesempatan ini juga saya ingin mengucapkan banyak terima kassih kepada kalian saudara-saudara seperjuangan saya se-Ma’rang…..

1.Vita Pitue…Maaf terlalu banyak menindas…..ikan asinnya mo…hahha.

2.Hadi Pitue banyak berdoa agar lain kali tidak diberi judul yang terpaksa membuat dirimu sedikit vulgar kawan..hahha

3.Marwa Pitue..bagaimana dengan nama yang di atas ta???hahahha

4.Darwis Bonto-Bonto..lain kali kalau KKN bawa pelampung perner..hahhah

5.QQ Bonto-bonto kayaknya perlu terapi kesabaran di posko…hahha

6.Kak Harwan Bonto-Bonto…..Sabar kanda,,,tenang,,,,tenang,,,kontrol,,kontrol,,,hahahha

7.Kak Agustina Bonto-Bonto..Maaf  atas segala kesalahan…
 
8.Jeane Pitusungguh….ehmm…ehmmm….Tala ji…..hahhah

9.Sidra Pitusungguh…UPZ salah,,,,!!!Bu’Korcam maksudnya..hahhah

10.Edy Pitusungguh…Ajari demo dulu itu bolu e…..hahhahha

11.Amry Pitusungguh…Jangan kalah bersaing kawan,,nanti edy yg ajar..hhaha

12.Kak Yandi Tamangapa..Fakultas apaq sebenarnya???tehnik atau perikanan…hahha

13.Fadly Tamangapa…Jangan pura-pura,,ngana juga masih 1 provinsi dengan dia..hahha

14.Ama Tamangapa.Kedokteran ada pelajaran mengukur tapal batas kecamatan kah??hahaha

15.Marwa Tamangapa…Darwis ; “kalau mati lampu pinjam marwa saja,terangmi itu”.hhhaaha

16.Rusdin Korcam Alesipito…nantipi saya ajar tarian ala shakrukh khan..haha

17.Renal Alesipito…Luwuk dengan Banggai beda toh????hahahaa

18.Arifat Punranga…Enaknya di punranga di???iriku….hahhaha

19.Heri Atangsalo….ngana juga jangan pura-pura,,masih 1 provinsi torang samua…hahha..jangan lari dari kenyataan ngana...

20.Tor atangsalo…bukami rental game perner…hhahahha

21.Yusri  Tala….Duluan hancur itu batas kelurahanmu perner daripada ko sarjana….hahhaha

22.Rustam Tala…. yang mana ini???hahahah

23.Micha Tala….bakusampingq rumahta sama darwis di mamuju????hahah

24.Ime Tala…sampaikan maafku sama lurah ta nah….hahha

25.Icha Ma’rang…satu-satunya kordes wanita…mantap…

26.Fadliah Ma’rang….kesederhanaan yang mengagumkan…pantas darwis mau pindah Fakultas…hahhaha

27.Untuk kawan-kawan yang tidak sempatt saya sebutkan satu-satu,maaf uangku Cuma 3000,,,jadi dak bisa lama2 di warnet,,,hahah,,,yang jelas terima kasih telah sama2 bekerja di Ma’rang…maaf kalau ada salah….



Untuk Yang terakhir saya selaku Kordes Pitue,,mengucapkan banyak2 terima kasih atas waktunya untuk membaca sedikit dari banyak hal yang telah terjadi selama masa-masa kebersamaan kita yang  tidak sempat saya tuliskan disini….dan maaf pula kalau ada kata2 yang membuat kalian tersinggung dalam tulisan ini,,maaf juga kalau terjadi kesalahan dalam penulisan nama karena saya memakai ejaan Ma’rang….hahaha..

Wassalam….

____ ku abadikan karena kurindukan___
Muchtaralim

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Sepenggal Cerita di Ma’rang…"

Hikmah Kehidupan said...

wah punya bakat nulis nih kiki...